Perkembangan Islam Pada Masa Modern

Pengertian Pembaharuan Islam atau Gerakan Modernisasi / Gerakan Reformasi Islam

Secara bahasa pembaharuan disebut tajdid dan pelakunya disebut mujaddid. Mujadid bertugas untuk menentukan hukum berdasarkan al-quran hadits dan ijtihad (Ijma' dan Qiyas).

Pembaharuan Islam adalah suatu upaya untuk menyesuaikan ajaran Islam dengan perkembangan baru yang ditimbulkan oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi modern tanpa mengubah, mengurangi, atau, menambah teks Alquran maupun hadis.Dengan harapan tercapai kehidupan masyarakat yang lebih maju, berkembang,dan makmur.


Latar Belakang Pembaharuan Islam

Istilah tajdid baru populer pada abad 18 Masehi di Mesir. Tajdid dilatarbelakangi oleh   persinggungan antara politik dan intelektual antara Islam dan barat.

Sejak jatuhnya Mesir ke tangan Napoleon Bonaparte dari Prancis disusun imperialisme terhadap negara Islam lainnya akhirnya mengharuskan adanya gerakan ini.

Sebenarnya hubungan negara muslim dengan negara barat sudah terjadi, bahkan mulai dari  kerajaan Turki Usmani.


Faktor Timbulnya Gerakan Pembaharuan Islam

  1. Adanya sifat jumud atau stagnan/berhenti pada pemikiran umat Islam saat itu.
  2. Jika dibandingkan dengan negara barat, negara Islam mengalami kemunduran pada saat itu. Adanya renaissance :

Barat :"menyingkirkan" peran agama dari kehidupan masyarakat.

Islam : memperkuat prinsip dan ajaran Islam itu sendiri demi kemaslahatan dunia secara lebih luas.


Bukti Kemajuan Bangsa Barat

  1. Munculnya gerakan penggalian ilmu pengetahuan pada abad ke-16 masehi.
  2. Munculnya para ilmuwan seperti Francis Bacon, Galileo Galilei, Rene Descartes.
  3. Adanya gerakan revolusi industri di barat (1750-1850 M). Di bidang pertanian, manufaktur, pertambangan, transportasi, dan teknologi.


Tiga Motif Bangsa Barat Ingin Menguasai Negara Islam

Yaitu:

Gold : mencari keuntungan atau kekayaan sebanyak-banyaknya

Glory : upaya untuk menguasai suatu negara

Gospel : menyebarkan ajaran Kristen (Missionary).


Para Tokoh Islam Modern

Diantaranya:

Muhammad Ali Pasya

Muhammad Ali Pasya adalah seorang keturunan Turki lahir di Kawala, Yunani pada tahun 1765 M dan meninggal di Mesir pada tahun 1849 M.

Menurutnya ada dua hal yang penting yaitu kemajuan ekonomi dan kemajuan militer. Keduanya mampu menghendaki ilmu-ilmu modern yang telah dikenal orang di Eropa.


Muhammad Abduh

Lahir di Delta, Nil, Mesir pada 1849.

Abduh memiliki 3 agenda pembaharuan, yaitu:

1. Purifikasi

Purifikasi atau pemurnian ajaran Islam merupakan fokus perhatian serius Muhammad Abduh, berkaitan dengan munculnya bid'ah dan khurafat yang masuk dalam kehidupan kaum muslim.

2. Reformasi pendidikan Islam

Muhammad Abduh menyatakan bahwa kewajiban belajar tidak hanya mempelajari buku-buku klasik berbahasa Arab yang berisi doktrin-doktrin ajaran Islam.

3. Pembelaan atas Islam

Karya Risalah at- Tauhid yang ditulis oleh Abduh dimaksudkan untuk mempertahankan jati diri Islam. Hasratnya untuk menghilangkan unsur-unsur asing dalam paham ke Islaman.


Muhammad Iqbal

Berasal dari keluarga biasa di Punjab dan lahir di Sialkot pada tahun 1876. Pemikiran Muhammad Iqbal tentang pembaharuan Islam adalah sebagai berikut:

  • Ijtihad mempunyai kedudukan penting dalam pembaharuan Islam dan pintu ijtihad tetap terbuka.
  • Umat Islam perlu mengembangkan sikap dinamisme (bergerak dan jangan tinggal diam).
  • Kemunduran umat Islam disebabkan oleh kebekuan dan kejumudan dalam berpikir.
  • Hukum Islam tidak bersifat statis, tetapi dapat berkembang sesuai perkembangan zaman.
  • Umat Islam harus menguasai sains dan teknologi yang dimiliki Barat.
  • Perhatian umat Islam terhadap zuhud menyebabkan kurangnya perhatian terhadap masalah-masalah keduniaan dan sosial kemasyarakatan.

Jamaluddin Al-Afghani

Lahir di As'adabad, dekat Kanar di Distrik Kabul, Afganistan pada tahun 1839 dan meninggal di Istanbul tahun 1897.

Ide-ide pembaharuan dan pemikiran politik al-Afghani tentang negara dan sistem pemerintahan sebagai berikut:

1. Bentuk negara dan pemerintahan

Islam menghendaki bahwa bentuk pemerintahan adalah republik.Sebab,di dalamnya terdapat kebebasan berpendapat dan kepala negara harus tunduk kepada Undang-undang.

2. Sistem Demokrasi

Menghendaki agar corak pemerintah absolut diganti dengan corak pemerintah demokratis

3. Pan Islamisme / Solidaritas Islam

Al-Afghani menginginkan adanya persatuan umat Islam baik yang negaranya sudah merdeka maupun masih dalam jajahan bangsa Barat.


Muhammad bin Abdul Wahab (1703-1787)

Lahir di Uyainah, Nejd, Arab Saudi.

Di Arabia timbul suatu aliran Wahabiyah, yang mempunyai pengaruh pada pemikiran pembaharuan di Abad ke 19 pencetusnya adalah Abdul Wahab.

Diantara pemikiran-pemikirannya sebagai berikut:

Hanya Al-Qur'an dan haditslah yang merupakan sumber asli dari ajaran-ajaran Islam.Pendapat ulama tidak merupakan sumber.

  • Taklid kepada ulama tidak dibenarkan.
  • Pintu ijtihad terbuka dan tidak tertutup.


Syah Waliyullah

Lahir di Delhi pada 21 Februari 1703 M.Ia mendapatkan pendidikan dari orang tuanya.Ia juga seorang sufi dan ulama yang memiliki madrasah.

Diantara penyebab yang membawa kepada kelemahan dan kemunduran umat Islam menurut pemikiran-pemikirannya adalah sebagai berikut:

  • Terjadinya perubahan sistem pemerintahan Islam dari sistem kekhalifahan menjadi sistem kerajaan.
  • Sistem demokrasi yang ada dalam kekhalifahan diganti dengan sistem monarki absolut.
  • Perpecahan di kalangan umat Islam yang disebabkan oleh berbagai pertentangan aliran dalam Islam.
  • Adat istiadat dan ajaran bukan Islam masuk ke dalam keyakinan umat Islam.

Al- Tahtawi 

Rifa'ah Baidawi Rafi' Al- Tahtawi demikian nama lengkapnya.Lahir pada 1801M di Tahta, Mesir bagian selatan dan meninggal pada tahun 1873 M.

Beberapa pemikirannya tentang pembaharuan Islam adalah sebagai berikut:

  • Ajaran Islam bukan hanya mementingkan soal akhirat, tetapi juga soal hidup di dunia. Umat Islam juga harus memperhatikan kehidupan dunia.
  • Kekuasaan raja yang absolut harus dibatasi oleh syariat, raja harus bermusyawarah dengan ulama dan kaum intelektual.
  • Syariat harus diartikan sesuai dengan perkembangan modern.
  • Kaum ulama harus mempelajari filsafat dan ilmu pengetahuan modern agar syariat dapat menyesuaikan diri dengan kebutuhan masyarakat modern.
  • Pendidikan harus bersifat universal, misalnya wanita harus memperoleh pendidikan yang sama dengan kaum pria.Istri harus menjadi teman dalam kehidupan intelektual dan sosial.
  • Umat Islam harus dinamis dan meninggalkan sifat statis.

Rasyid Ridha

Merupakan murid dari Muhammad Abduh yang terdekat.Lahir tahun 1865 di Al- Qalamun, desa di Lebanon tidak jauh dari Kota Tripoli (Suria).

Beberapa pemikirannya tentang pembaharuan Islam adalah sebagai berikut:

  • Sikap aktif dan dinamis di kalangan umat Islam harus ditumbuhkan.
  • Umat Islam harus meninggalkan sikap dan pemikiran kaum jabariyah ( menyerah pada takdir).
  • Akal dapat dipergunakan untuk menafsirkan ayat dan hadits tanpa meninggalkan prinsip umum.
  • Umat Islam menguasai sains dan teknologi jika ingin maju.
  • Kemunduran umat Islam disebabkan banyaknya unsur bid'ah dan khurafat yang masuk ke dalam ajaran Islam.
  • Kebahagiaan dunia dan akhirat diperoleh melalui hukum yang diciptakan Allah SWT.
  • Perlu menghidupkan kembali sistem pemerintahan khalifah. Khalifah adalah pengusaha di seluruh dunia Islam yang mengurusi bidang agama dan politik. Khalifah haruslah seorang mujtahid besar dengan bantuan para ulama dalam menerapkan prinsip hukum Islam sesuai dengan tuntutan zaman.

Sayyid Ahmad Khan

Setelah hancurnya Gerakan Mujahidin dan kerajaan Mughal sebagai akibat dari pemberontakan 1857, muncullah Sayyid Ahmad Khan untuk memimpin umat Islam India,yang telah kena pukul itu untuk dapat berdiri dan maju kembali seperti dulu. Lahir di Delhi tahun 1817 keturunan Husein, cucu nabi Muhammad melalui Fatimah dan Ali.

Pemikirannya tentang pembaharuan Islam adalah sebagai berikut:

  • Kemunduran umat islam disebabkan tidak mengikuti perkembangan zaman dengan cara menguasai sains dan teknologi.

Ia berpendirian bahwa manusia bebas berkehendak dan berbuat sesuai dengan sunatullah yang tidak berubah. Gabungan kemampuan akal, kebebasan manusia berkehendak dan berbuat, serta hukum alam inilah yang menjadi sumber kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi modern.

  • Sumber ajaran Islam hanyalah Alquran dan hadis

Ia menentang taklid dan perlu adanya ijtihad sehingga umat Islam dapat berkembang seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi modern.

Ia berpendapat satu-satunya cara untuk mengubah pola pikir umat Islam dari keterbelakangan adalah pendidikan.


Hikmah dari pembaharuan dunia Islam

  • Islam adalah agama fitrah yang berkembang ke pelosok dunia tidak melalui kekerasan atau  peperangan.
  • Umat Islam terdorong untuk meningkatkan kualitas, baik secara pribadi maupun umum, agar mampu berperan dalam percaturan dunia yang semakin global.
  • Semakin yakin keimanan muslim akan kebenaran agamanya meskipun telah dihambat, dinodai, dan dihalangi dengan berbagai cara oleh mereka yang tidak menyukai Islam.










Komentar

Postingan Populer